Kenapa Bus dan Truk Sering Mengalami Rem Blong?

Ilustrasi remblong. (kompas)

(KANALACEH.COM) – Rem blong kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan di jalan. Tidak hanya berisiko terhadap pengendara mobil tersebut, tapi dampak malfungsi ini bisa menyebabkan pengguna jalan lain menjadi korban. Maka dari itu, rem blong menjadi perhatian banyak pihak.

Pasalnya setiap kendaraan bisa saja mengalami malfungsi sistem rem secara tiba-tiba ketika dalam perjalanan, khususnya pada bus dan truk.

Lantas, apa saja penyebab terjadinya rem blong pada kendaraan?

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan kegagalan pengereman selalu terjadi di jalan menurun, khususnya pada bus, truk dan motor.

“Rem blong dipicu karena penggunaan gigi tinggi di jalan menurun yang memaksa pengguna kendaraan melakukan pengereman panjang dan berulang. Dengan demikian kerja rem utama menjadi lebih berat,” ucap Wildan seperti dilansir laman Kompas, Jumat (21/6).

Wildan mengatakan pada saat rem bekerja secara maksimal, berulang-ulang dan dipaksa menghentikan putaran roda karena besarnya pengaruh gaya gravitasi bumi yang mendorong kendaraan maka kemampuannya akan menurun.

“Brake fading menjadi salah satu jenis rem blong, yakni kampas rem mengalami overheat yang akan menghasilkan gas dan terjebak di dalam tromol serta membentuk kaca film, sehingga kampas tidak pernah bertemu tromol, licin sempurna,” ucap Wildan.

Wildan mengatakan peristiwa ini ditandai dengan berfungsinya semua sistem rem tapi roda tetap berputar saat pedal diinjak, dan beberapa jam kemudian, saat gas sisa penyubliman kampas itu hilang maka rem berfungsi sempurna kembali.

“Contoh brake fading terjadi pada kasus bus PO Padma di Sumedang, Maret 2021 silam yang menewaskan 29 orang setelah terjun ke jurang dengan kedalaman kurang lebih 10 meter,” ucap Wildan.

Selanjutnya, Wildan menyebutkan jenis rem blong lainnya yakni peristiwa tekor angin. Pemicunya karena pengemudi melakukan mengerem berulang-ulang, sehingga udara bertekanan pada tabung hilang dengan cepat.

“Pada saat di bawah 6 bar, angin tidak akan dapat mendorong kampas untuk menyentuh tromol, peristiwa ini ditandai dengan bunyi buzzer pertanda angin tekor, contohnya pada kasus bus wisata di Bantul yang menewaskan 14 orang Februari 2022 silam ,” ucap Wildan.

Selanjutnya, Wildan mengatakan ada peristiwa vapour lock yakni minyak rem mendidih dan menghasilkan gelembung udara sehingga silinder roda berisi udara atau angin palsu.

Related posts