Gampong Lamteumen Timur Sembelih 53 Hewan Kurban saat Idul Adha 1445 H

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh menyembelih 53 hewan kurban saat Idul Adha 1445 Hijriah, yang jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Dari 53 hewan kurban itu terdiri dari 40 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang di sembelih di masing-masing dusun dalam Gampong Lamteumen Timur.

Keuchik Lamteumen Timur Riazil, mengatakan pelaksanaan kurban hari pertama, jumlah hewan kurban yang terdaftar di panitia sebanyak 40 sapi dan 13 kambing.

Hal itu merupakan kurban dari masyarakat gampong yang nantinya diberikan kepada warga yang sudah di bagikan kupon dengan total penerima 2.775.

“Alhamdulillah ada 53 ekor hewan kurban yang disembelih di Gampong Lamteumen Timur, 40 diantaranya sapi,” kata Riazil.

Penyembelihan hewan kurban itu berlangsung usai shalat Idul Adha yang dikoordinir langsung oleh masing-masing kepala dusun.

Adapun persebaran hewan kurban dalam Gampong Lamteuemen Timur yaitu di Dusun Cempaka 15 ekor sapi dan 6 ekor kambing, Dusun Merak 9 ekor sapi, Dusun Teratai 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Kemudian di Dusun Seroja 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Dusun Kamboja 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Jumlah sapi kurban tahun ini Menurun sedikit dibandingkan tahun lalu, sedangkan untuk jumlah kambing ada peningkatan sedikit,” ucap Riazil.

Dari 2.775 paket daging kurban yang disalurkan, telah dibagikan kepada yang berhak agar mereka dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan hidangan daging kurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, kata Riazil, merupakan agenda rutin di masyarakat Gampong Lamteumen Timur.

“Kegiatan ini tidak hanya ibadah kurban semata, melainkan juga sebagai ajang mempererat tali persaudaraan seluruh masyarakat Gampong Lamteumen Timur,” katanya.

Hal ini terwujud, kata dia dari partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban mulai dari gotong royong, penyembelihan hewan kurban.

Related posts